Laman

Rabu, 21 Juli 2010

Keraguan dalam Sebuah Keputusan

Sekaranglah saatnya, postingan yang kali ini akan membahas tuntas seputar hal–hal yang selalu mempengaruhi kita dalam mengambil sebuah keputusan, yakni sebuah keraguan. Dan Napi akan memberikan beberapa tips untuk menaklukkannya….

Banyak sekali diantara kita yang selalu tidak yakin dalam mengambil keputusan sehingga menyebabkan suatu kegelisahan, rasa bimbang, bingung, dan ragu yang selalu menyelimuti hati manusia. Yang kemudian akan berada dalam keadaan tertekan dan pusing yang berkepanjangan akibat dari keraguannya. Ya kan…?? (banyak banget lho korban dari kebimbangan dalam pengambilan sebuah keputusan…)

Contohnya saja dalam kehidupan sehari–hari kita, ketika kita berada dalam sebuah Mall yang megah dengan bermodalkan uang yang pas–pasan. Pertama tujuan utama kita berada di Mall tersebut adalah membeli sebuah peralatan tulis–menulis yang dibutuhkan untuk pembelajaran mendatang, namun ketika kita dihadapkan pada sebuah barang yang bagus dan kebetulan sangat kita inginkan, pastilah kita sebagai makhluk yang berpikir akan merasa sangat bimbang dalam memilih mana barang yang paling kita butuhkan saat itu. Akhirnya karena nafsu yang tinggi, tanpa berpikir panjang akibat rasa ragu yang menyumbat pikiran, keinginan untuk membeli barang yang kita sukai ketimbang alat sekolah yang mulanya sangatlah penting, menjadi kita hiraukan. Dan ujung–ujungnya adalah penyesalan yang tak berarti.

Perlu kita tahu, kunci permasalahan tersebut ada pada keragu–raguan kita dalam mengambil sebuah keputusan meskipun hal tersebut sangatlah sepele. Sehingga menimbulkan sebuah penyesalan pada ujung permasalahan akibat keragu–raguan kita.

  1. Dan banyak sekali hal yang menyebabkan keragu–raguan itu muncul, diantaranya :
  2. Memutuskan sebuah keputusan yang tak berati dan tak berguna (tidak memilih terlebih dahulu mana yang lebih diutamakan pada saat itu).
  3. Terbawa oleh nafsu ingin memiliki dan mengembil keputusan tanpa didasari oleh pemikiran jangka panjang.
  4. Selalu melakukan hal yang setengah–setengah

Begitu banyaknya hal hal yang menyebabkan keragu–raguan itu datang kepada kita, namun kita sebagai makhluk ciptaan Allah SWT yang diberikan anugerah berupa akal pikiran, sebaiknya mengubur jauh –jauh rasa ragu tersebut dengan cara

  1. Memupuk sedini mungkin rasa yakin terhadap apapun,
  2. Selalu memusyawarakan sesuatu hal yang tidak kita mengerti dengan orang lain yang kita anggap lebih pandai,
  3. Serta meneguhkan tekad baja dan selalu mempunyai pemikiran jangka panjang sebelum mengambil sebuah keputusan.

Karena kita ketahui bahwa hidup didalam sebuah keraguan adalah sama halnya dengan memupuk rasa keteguhan dan mengubur dalam dalam rasa keyakiyan kita dalam memutuskan sesuatu. Maka dari itu, si Napi akan mengingatkan untuk diri Napi sendiri dan para pembaca setiap blog Napi ini untuk menghilangkan secepatnya sikap ragu tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar