Laman

Sabtu, 17 Juli 2010

Kompetisi Mini-Note dan Netbook

Industri PC (Personal Computer telah berambisi untuk menjual jutaan computer yang berukuran kecil yang dianggap dapat lebih menghemat energi dan lebih efisien, dengan fasilitas koneksi Internet. Namun anehnya, para perusahan besar yang bergerak dalam bisnis yang sama menganggap berita tersebut adalah berita buruk. Dalam dongeng penjualan computer, perusahaan computer telah membuat komputer yang memiliki harga lebih murah sehingga hal ini mengancam eksistensi pembuat PC dalam margin keuntungan yang semakin menurun.

Komputer yang menjadi ancaman tersebut biasa disebut netbook atau mini-laptop. Netbook menggunakan chip computer untuk menajalankannya. User dapat menggunakan netbook untuk surfing webste dan mengecek email. Selin itu, harganya juga lebih rendah, dengan penjualan paling kecil sekitar USD 300. Perusahaan yang menjadi pionir netbook juga tergolong masih kecil, seperti Asus dan Everex, dan keduanya berasal dari Taiwan.

Sementara itu, perusahaan besar pembuat PC seperti Dell, Acer, bahkan HP kini telah meluncurkan perpaduan antara notebook dan netbook yang dinamakan Mini-Note, sebagai saingan dari netbook. Beberapa pembuat PC juga telah memperkenalkan “net-top”, sebuah computer desktop yang memiliki harga lebih rendah dan mudah untuk akses Internet. Para analis industri mengungkapkan bahwa kelas baru dari computer yang memiliki harga rendah ini dapat mengancam perusahaan besar seperti Microsoft dan Intel, atau HP dan Dell, di mana mereka telah mengembangkan computer untuk user yang ingin power lebih dan banyak fungsi yang ada dalam computer.

IDC, sebuah perusahaan peneliti pasar computer memprediksikan kategori netbook akan meningkat dari 500.000 pada tahun 2007 menjadi 900.000 pada tahun 2012. Intel memproyeksikan mulai tahun 2011 akan ada 40 juta unit netbook tiap tahunnya, dan hal inilah yang membuat Intel beralih dengan menurunkan harga chip yang akan digunakan di netbook dan net-top. Dengan chip atom yang baru, Intel mampu berkompetisi dengan perusahaan dari Taiwan pembuat chip C7 yang digunakan di netbook, Via. Untuk itu, HP, Dell dan pembuat PC lainya telah mengamati apa yang disukai oleh konsumen. HP berpikir bahwa konsumen menginginkan lebih dari terminal mobile Internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar