Laman

Minggu, 25 Juli 2010

Pengertian Ilmu Tauhid

lmu tauhid adalah ilmu yang membicarakan tentang sifat – sifat allah swt dan sifat – sifat para utusanya yang terdiri dari sifat yang wajib, sifat jaiz dan sifat yang mustahil. selain dari itu juga menerangkan segala yang memungkinkandan dapat diterima oleh akal, untuk menjadikan bukti dan dalil, dengan dibantu oleh masalah sam’iyat agar dapat mempercayai dalil itu dengan yakin tanpa keraguan di hati.

Ilmu Tauhid disebut juga ilmu ushuluddin ( dasar – dasar atau pokok – pokok agama ) atau ilmu kalam ( berasal dari masalah kalam/ucapan allah) sebab ilmu tauhid adalah ilmu yang membahas dan membicarakan ke-esa-an allah swt. selain itu, ilmu tauhid juga membicarakan pokok – pokok agama. oleh karena itu ilmu tersebut disebut ilmu ushuluddin. disebut ilmu kalam karena karena ilmu tersebut juga membicarakan tentang kalamullah yang sering diperdebatakan oleh banyak orang dalam hal kalamullah, apakah kalamullah itu termasuk yang Qadim atau yang Hadits.

Wilayah pembatasan tauhid adalah Dzat-dzat allah dan sifat rasulnya yang mulia, sehingga ilmu ini merupakan ilmu yang mulia dan menjadi kewajiban kita mempelajari ilmu tauhid. adapun masalah yang umum, yaitu seperti allah bersifat wujud, qidam, dan sifat-sifat lain yang menunjukan kesempurnaanya, dan mustahil bagi allah adam dan huduts serta sifat – sifat lain lawan dari sifat – sifat yang wajib bagi allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar